27/10/12

5 Tips Sederhana Mengatasi Jerawat Dengan Mudah

Tips Sederhana Mengatasi Jerawat - Hampir 90% remaja pasti mengalami masalah dengan jerawat. Ini berhubungan erat dengan perubahan hormon yang dikenal dengan sebutan masa pubertas. Namun walaupun jerawat adalah masalah klasik untuk remaja, dalam beberapa kasus, jerawat tetap saja muncul walaupun usia sudah semakin beranjak dewasa. Memang ada banyak obat jerawat yang dijual di pasaran, namun tidak sedikit pula cara menghilangkan jerawat yang dapat anda coba. Cara alami mengatasi jerawat juga sama ampuhnya, bahkan lebih baik karena dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

tips sederhana mengatasi jerawat

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk mengatasi jerawat:
Cukup tidur
Tidur adalah aktifitas yang penting bagi tubuh manusia. Saat tidur, organ-organ dalam tubuh melakukan proses detoksifikasi, yaitu proses pengeluaran racun. Maka dari itu, penting sekali untuk mendapatkan cukup tidur setiap hari. Kurang tidur dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mengatasi infeksi, ini dapat memperparah kondisi jerawat. Kurang tidur juga dapat meningkatkan level stres, ini membuat produksi hormon menjadi tidak seimbang dan dapat menyebabkan jerawat.

Minum cukup air
Kecukupan air dalam tubuh membuat organ-organ dalam tubuh dapat bekerja secara maksimal. Ini dapat menjaga kelembaban kulit secara alami, serta mengurangi kemungkinan tersumbatnya pori-pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Minumlah setidaknya 8 gelas sehari.

Kenali jenis kulit
Ini merupakan hal yang sangat penting. Seringkali orang-orang membeli produk perawatan kulit tanpa memperhatikan label yang tertera pada produk-produk tersebut. Khusus untuk produk penghilang jerawat, akibatnya akan cukup fatal jika anda salah dalam memilih produk yang cocok dengan jenis kulit anda. Secara umum jenis kulit dibagi menjadi jenis kulit normal, jenis kulit kering, jenis kulit berminyak, dan jenis kulit sensitif.

Konsumsi makanan sehat
Sudah terbukti secara medis bahwa orang-orang yang mempunyai pola dan menu makan yang kurang sehat pasti mempunyai masalah dengan jerawat. Perbaikilah pola makan anda dan konsumsi lebih banyak sayuran dan buah. Selain akan membuat kondisi kulit menjadi semakin sehat, pola makan yang baik juga akan membuat kondisi tubuh secara keseluruhan juga semakin sehat.

Bersihkan kulit wajah setiap hari
Jerawat umum biasanya terjadi karena penyumbatan pada pori-pori kulit yang disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak. Pada jenis kulit berminyak biasanya sangat mudah membuat debu dan kotoran untuk menempel pada kulit wajah. Karena itu, kulit wajah perlu untuk dibersihkan setiap hari untuk mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit. Namun jangan sembarangan dalam menggunakan pembersih wajah, karena bisa jadi akan menimbulkan masalah kulit yang lain. Lihat Tips Memilih Sabun Jerawat Yang Tepat

Semoga artikel tips mengatasi jerawat secara sederhana diatas cukup bermanfaat!


Untuk dibaca selanjutnya:

Apa Kata Ahli Tentang Pengobatan Jerawat?

Peringatan: Cara Memecahkan Jerawat / Komedo

Ketahui Mitos Seputar Jerawat Pada Remaja!

5 Fakta Tentang Jerawat Dewasa

0 komentar

Posting Komentar