24/09/12

Mitos Seputar Jerawat Pada Remaja

Mitos Seputar Jerawat Pada Remaja - Banyak orang menganggap bahwa jerawat adalah suatu kondisi umum wajar yang dialami oleh siapa saja. Semua orang hampir pasti pernah mempunyai jerawat, dan semakin bertambahnya usia biasanya masalah ini semakin berkurang. Namun anggapan umum ini biasanya tidak berlaku bagi remaja. Jerawat adalah malapetaka bagi remaja! Ini sangat wajar, karena memang pada usia tersebut, penampilan adalah "satu-satunya".

mitos seputar jerawat pada remaja

Berbagai mitos seputar jerawatpun akhirnya banyak beredar dikalangan para remaja. Sebagian mungkin ada benarnya dan masuk akal, namun tidak sedikit mitos-mitos yang beredar tersebut 'ngawur' dan tanpa dasar logika sama sekali.

Berikut ini mitos-mitos umum seputar jerawat pada remaja:

Mitos 1 : Coklat dan gorengan menyebabkan jerawat
Fakta :
  • Banyak sekali remaja yang mempercayai ini. Padahal belum pernah ada satupun hasil penelitian yang menyatakan hubungan antara mengkonsumsi coklat dan gorengan dengan munculnya jerawat pada wajah.
Mitos 2 : Menggunakan make-up dapat menyebabkan munculnya jerawat
Fakta :
  • Tidak ada bukti ilmiah sama sekali yang menyatakan bahwa memakai make-up dapat membuat jerawat muncul. Satu-satunya pengecualian adalah jika memakai make-up pada waktu yang salah atau mempunyai alergi terhadap salah satu bahan dasar pada kosmetik tersebut. Jika memang ini masalahnya, maka pilihlah kosmetik yang berlabel non-comedogenic yang bebas minyak (oil free).
Mitos 3 : Jerawat dapat diatasi dengan sering cuci muka
Fakta :
  • Mencuci muka memang penting untuk membuat kulit wajah tetap bersih dan mencegah bakteri penyebab jerawat berkembangbiak. Namun jika terlalu sering mencuci muka, apalagi menggunakan sabun yang keras, maka akan menyebabkan kulit kering dan iritasi. Cuci muka cukup dilakukan dua kali sehari dengan sabun yang ringan.
Mitos 4 : Memencet jerawat dapat mencegah jerawat semakin besar
Fakta :
  • Memencet jerawat memang dapat mengatasi masalah jerawat untuk sementara, namun jika dilakukan terus-menerus, hal ini dapat membuatnya menjadi semakin parah, infeksi, dan meninggalkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Jika memang jerawat perlu untuk dipecahkan, maka lakukanlah di dokter kulit atau salon kecantikan yang baik.
Mitos 5 : Berjemur matahari dapat mengurangi jerawat
Fakta :
  • Hal ini tidak ada relefansinya sama sekali. Satu-satunya yang masuk akal adalah kulit yang hitam memang membuat jerawat agak tersamar dari pandangan.


Untuk dibaca selanjutnya:

Beberapa Fakta Tentang Jerawat

Produk Make-up Untuk Kulit Sensitif

Cara Memecahkan Jerawat / Komedo

Tips Sederhana Mengatasi Jerawat

0 komentar

Posting Komentar