23/08/12

Jenis-Jenis Jerawat

Jenis-Jenis Jerawat - Sebenarnya ada banyak sekali jenis atau tipe jerawat yang sudah diteliti oleh para ahli kulit dan ahli kecantikan di dunia. Namun secara umum jerawat dikelompokkan menjadi 3, yaitu jerawat biasa, jerawat batu, dan komedo.

Sebenarnya apa sih jerawat itu? Mungkin ini adalah pertanyaan paling umum di benak banyak orang, mungkin juga termasuk anda. Walaupun tipe jenis jerawat dibagi dalam 3 kelompok yang berbeda, namun secara umum jerawat adalah suatu kondisi pada kulit yang terjadi karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran. Hal ini membuat sel kulit mati dan minyak / sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea dibawah kulit kita tidak bisa keluar secara lancar. Dan kadangkala bakteri juga ikut terjebak dibawah lapisan kulit luar tersebut. Akibatnya, terjadi iritasi atau peradangan di area tersebut.

ketahui jenis-jenis jerawat yang ada

Sekarang mari kita mengetahui lebih lanjut dari tiga kelompok jenis jerawat tadi :


Jerawat Biasa
Jerawat biasa atau yang disebut dengan jerawat klasik ini tampilannya sangat mudah untuk dikenali. Yang disebut dengan jerawat biasa adalah benjolan kecil di kulit yang berwarna sedikit kemerahan atau merah muda.

Jerawat Batu/ Jerawat Jagung
Istilah ilmiah dari jenis jerawat ini adalah Cystic Acne. Disebut jerawat jagung karena bentuk benjolannya cukup besar dan disertai dengan peradangan. Berbeda dengan jerawat biasa yang umumnya hanya terdapat di sebagian wajah saja, jerawat batu biasanya tersebar hampir di seluruh bagian wajah. Hal inilah yang sering membuat para penderita jerawat batu biasanya menjadi kurang percaya diri.

Komedo
Komedo terdiri dari 2 macam, yaitu komedo yang terbuka atau black spot (Inggris) dan komedo yang tertutup atau white spot (Inggris). 

Komedo terbuka adalah jenis jerawat yang akan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (titik yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara).

Komedo tertutup adalah jenis jerawat yang memiliki bentuk kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga akan terlihat seperti sebuah benjolan putih kecil-kecil di bawah permukaan kulit.

Semoga informasi tentang tipe dan jenis jerawat diatas cukup membantu, selanjutnya silahkan lihat juga tentang penyebab dari masalah-masalah jerawat diatas. Itu akan membantu anda dalam memilih pengobatan yang terbaik untuk jerawat anda.


Untuk dibaca selanjutnya:

Beberapa Fakta Tentang Jerawat

Mitos Seputar Jerawat Pada Remaja

2 Hal Penyebab Jerawat Muncul

Kebiasaan Penyebab Jerawat 1

0 komentar

Posting Komentar