16/07/12

Makanan Ini Membantumu Mengatasi Jerawat

Makanan Untuk Mengatasi Jerawat - Kali ini saya ingin membagikan informasi bagaimana cara menghilangkan jerawat secara sehat dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Walaupun tidak ada makanan super untuk mencegah timbulnya jerawat, namun menurut penelitian di bidang diet dan kulit, terungkap pola makan yang kaya buah dan sayuran sangat baik untuk kulit. Makanan sehat ini akan mengurangi inflamasi dan kemunculan komedo. Secara tidak langsung ini juga akan membantu mengurangi masalah jerawat yang menyebalkan.

menkonsumsi salmon dapat membantu mengatasi jerawat
 Daging Ikan Salmon

Berikut ini adalah beberapa nutrisi pada makanan yang dapat membantu mengatasi jerawat :


1. Selenium
Mineral selenium mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian juga menyebutkan, bersama dengan vitamin E, selenium dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Sumber makanan yang mengandung selenium antara lain daging, salmon, tuna, kacang, telur, dan beras merah.

2. Vitamin E dan C
Antioksidan yang terkandung dalam vitamin E dan C mempunyai efek menenangkan pada kulit. Vitamin C dapat diperoleh dari jeruk, kiwi, tomat, dan pepaya. Sementara vitamin E dapat diperoleh dari brokoli, kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, dan sayuran hijau.

3. Vitamin A
Vitamin A dapat membantu untuk mengatur siklus regenerasi kulit, sehingga protein dan minyak tidak tersumbat (hal yang menyebabkan munculnya jerwat). Sebagai informasi tambahan, vitamin A adalah kandungan utama dari obat-obat jerawat yang beredar di pasaran. Sumber terbaik untuk vitamin A adalah salmon, minyak ikan, wortel, brokoli, dan bayam. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A karena dapat bersifat toksik.

4. Zinc
Penelitian mengungkapkan jika orang yang mempunyai jerawat biasanya mempunyai kadar zinc (seng) yang rendah. Fungsi dari zinc ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi jerawat untuk tumbuh. Selain itu zinc juga berfungsi untuk meredakan iritasi kulit. Zinc dapat diperoleh dengan mengkonsumsi daging merah dan kacang-kacangan (almond adalah yang terbaik).

5. Asam lemak Omega 3
Berfungsi untuk menghadang molekul yang dapat menyebabkan inflamasi pada kulit. Sumber terbaik untuk asam lemak omega 3 adalah ikan laut dalam, minyak flaxseed, dan kacang-kacangan.

6. Air
Air adalah unsur yang sangat vital. Selain berfungsi untuk menghidrasi tubuh, air juga berfungsi untuk melembabkan kulit. Mengkonsumsi air yang cukup juga dapat membantu untuk membuang toksin yang menyebabkan jerawat. (lihat Manfaat Air Putih)

Semoga informasi tentang sumber makanan yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat ini berguna bagi anda sekalian!


Silahkan baca juga:

Rumput Laut Dapat Mengatasi Komedo?

Siapa Lagi Yang Ingin Menjadi Awet Muda?

Rahasia Perawatan Kulit Hanya Dengan Makanan

0 komentar

Posting Komentar