18/12/12

Bagaimana Mencegah Jerawat Muncul Kembali?

Tips Mencegah Jerawat Muncul Kembali - Seperti telah disampaikan pada postingan terdahulu, bahwa jerawat disebabkan oleh banyak faktor. Hormon, stres, dan faktor genetik adalah beberapa diantaranya. Lihat : Penyebab Jerawat Muncul Di Wajah

Sangat penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan jerawat dapat muncul di wajah anda. Ini dapat membuat anda lebih mudah untuk menentukan metode cara mengatasi jerawat yang paling tepat. Lalu setelah wajah anda bersih dari jerawat, bagaimana cara mencegahnya agar tidak muncul kembali?

tips untuk mencegah jerawat muncul lagi

Walaupun tidak ada cara yang benar-benar efektif 100% untuk setiap orang, setidaknya beberapa tips cara mencegah jerawat agar tidak muncul kembali berikut ini dapat menjadi salah satu atau beberapa diantara yang dapat anda coba, yaitu:

Jangan terlalu sering menyentuh-nyentuh wajah dengan tangan
Tangan adalah sumber bakteri, karena itu hindari untuk terlalu sering menyentuh-nyentuh wajah anda. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk sekedar memencet komedo / jerawat kecil. Tangan yang kotor akan membuat bakteri dapat dengan mudah berpindah dan menyebabkan peradangan yang lebih parah, bahkan dapat meninggalkan bekas jerawat yang susah dihilangkan.

Hindari mengusap wajah dengan keras
Kotoran dan debu yang menempel di wajah orang-orang yang banyak beraktifitas diluar ruangan memang cenderung agak bandel. Namun begitu, jangan mengusap wajah anda dengan keras. Ini hanya akan membuat kulit wajah anda menjadi iritasi. Untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, gunakan pembersih wajah yang lembut 2 kali sehari (pagi dan sore hari).

Jangan terlalu tebal menggunakan alas bedak
Alas bedak yang terlalu tebal sangat mungkin sekali untuk menutup pori-pori kulit wajah anda. Ini akan membuat minyak yang dihasilkan oleh sebum menjadi terkurung dan berpotensi menyebabkan munculnya komedo.

Lakukanlah perawatan kulit secara teratur
Ini termasuk hal wajib yang harus anda lakukan jika tidak ingin jerawat muncul kembali di wajah anda. Pembersih wajah, toner, dan pelembab biasanya mengandung bahan benzoil peroksida, ini sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Atau anda dapat juga melakukan perawatan wajah secara alami, telah banyak diposting dalam blog ini. Gunakan kolom pencarian pada bagian kanan atas blog ini.

Selalu memperhatikan perawatan kulit yang anda lakukan
Jika anda telah rutin melakukan perawatan kulit, atau telah mencoba banyak cara-cara alami maupun menggunakan produk-produk perawatan kulit, namun jerawat masih tetap muncul di wajah anda. Maka dalam tahap ini satu-satunya cara adalah dengan berkonsultasi dengan ahli dermatologi / dokter kulit. Mereka dapat melakukan diagnosa yang lebih akurat dan memberikan saran / produk perawatan yang tepat untuk masalah anda.


Selanjutnya ketahui juga:

6 Cara Mengatasi Jerawat Dengan Mudah

Buah-Buahan Ini Efektif Menghilangkan Bekas Jerawat

8 Pedoman Merawat Kulit Yang Harus Anda Ketahui!

1 komentar: