08/11/12

4 Pedoman Dalam Mencegah Bekas Jerawat

Pedoman Mencegah Bekas Jerawat - Sebaik apapun anda berusaha menangani jerawat, tetap saja kemungkinan untuk jerawat meninggalkan bekas tetap ada. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mencegah bekas jerawat, atau setidaknya membuat bekas jerawat menjadi samar dan tidak  terlalu terlihat.

Meminimalkan resiko munculnya bekas jerawat adalah langkah penting pertama yang harus anda lakukan. Anda harus ingat bahwa mencegah itu jauh lebih mudah dan murah ketimbang mengobati. Tentu saja anda tetap dapat menghilangkan bekas jerawat menggunakan metode laser, dermabrasi, atau pengelupasan kulit secara kimia. Namun metode-metode ini membutuhkan dana yang tidak sedikit.

cara mencegah bekas jerawat

Cara Mencegah Terjadinya Bekas Jerawat
#1 Segera bertindak
Jangan malas untuk memperhatikan kondisi kulit wajah anda. Jangan tunggu sampai kondisi jerawat di wajah anda menjadi parah. Mulailah dengan memperhatikan komedo dan tanganilah secara cepat. Komedo terbuka (blackspot) apabila dibiarkan dapat berkembang menjadi jerawat, meradang, dan pada akhirnya  akan meninggalkan bekas di kulit. Banyak pasien yang mengeluhkan tentang bekas jerawat biasanya membiarkan jerawat terlalu lama. Lakukan pengobatan segera apabila jerawat sudah mulai muncul di wajah. Namun jangan melakukannya secara frontal, lakukanlah pengobatan dengan bijaksana.

#2 Hubungi dokter kulit
Ini mungkin adalah langkah yang terbaik. Jangan ragu mendatangi dokter kulit untuk berkonsultasi mengenai jerawat di wajah anda. Dokter kulit dapat melakukan pemeriksaan yang lebih seksama dan pasti akan memberikan saran serta pengobatan yang sesuai berdasarkan kondisi jerawat anda. Apalagi jika kondisi jerawat di wajah anda tergolong sangat parah, maka konsultasi dengan dokter kulit adalah suatu keharusan untuk meminimalkan resiko munculnya bekas jerawat.

#3 Pakai produk perawatan kulit yang tepat
Untuk mencegah bekas jerawat tidak saja hanya dengan melakukan pengobatan yang tepat atau mengikuti saran dari ahli terbaik. Anda juga harus perhatian dan proaktif dalam memilih produk-produk perawatan kulit yang sesuai dengan kulit wajah anda. Bagi orang-orang yang mempunyai masalah dengan jerawat, produk perawatan kulit yang cocok biasanya adalah yang mempunyai label non-comedogenic.

#4 Stop memegang-megang wajah
Ini adalah yang paling susah untuk dihentikan. Memang saat mempunyai jerawat, tangan anda rasanya "gatal" sekali untuk ingin terus meraba-raba jerawat. Atau anda juga selalu ingin untuk segera memencet jerawat. Anda harus dapat menahan godaan ini karena bakteri yang menempel pada kulit tangan anda dapat membuat kondisi jerawat semakin parah. Ini bisa meninggalkan bekas jerawat yang parah dan susah untuk dihilangkan.


Selanjutnya silahkan baca:

Cara Efektif Mengatasi Jerawat Dewasa

Kenali Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

Pengobatan Jerawat Yang Baik Menurut Para Ahli

Tahukah Anda Jenis-Jenis Jerawat?

0 komentar

Posting Komentar