04/10/12

Apa Terapi Hormon Ampuh Untuk Mengatasi Jerawat?

Mengatasi Jerawat Dengan Terapi Hormon - Hormon memegang peran yang sangat besar dalam tubuh kita, karena hormon merupakan senyawa kimia yang menyampaikan pesan kepada sel-sel di seluruh tubuh kita. Perasaan senang, sedih, marah, bahagia, dan nafsu makan adalah beberapa hal yang dipengaruhi oleh hormon. Hormon diproduksi oleh seluruh kelenjar di tubuh kita, dan ketika dilepaskan ke dalam aliran darah, mereka akan berkomunikasi dengan sel-sel reseptor yang akan langsung bertindak sesuai dengan perintah yang disampaikan.

Apa hubungan jerawat dengan hormon?

Hormon yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar dalam tubuh kita ada bermacam-macam, dan mereka juga mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Saat tubuh mengalami suatu kondisi tertentu, beberapa hormon dapat terhenti produksinya, ini dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Salah satu hal yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon ini adalah munculnya jerawat pada wajah atau tempat-tempat tertentu.



Seperti telah saya jelaskan pada beberapa postingan dalam blog ini (lihat Penyebab Jerawat), beberapa jenis jerawat memang dapat disebabkan oleh ketidakseimbang hormon dalam tubuh. Yang paling berpengaruh adalah pada saat remaja mengalami pubertas, inilah yang membuat rata-rata remaja pada usia pubertas selalu mengalami masalah dengan jerawat. Untuk wanita dewasa, ketidakseimbangan hormon biasanya terjadi saat menjelang menstruasi dan saat menjelang menopause. Sedangkan pada pria, ketidakseimbangan hormon biasanya terjadi saat tubuh memproduksi hormon testosteron dalam jumlah besar. Ini akan menyebabkan produksi minyak yang berlebih pada kelenjar minyak. Ini menjelaskan kenapa pria yang menyukai olahraga/kegiatan yang ekstrim sering mengalami masalah dengan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Terapi Hormon

Jika anda merasa bahwa masalah jerawat yang anda alami disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, maka langkah yang paling tepat adalah berkonsultasi dengan dokter kulit. Biasanya untuk wanita dewasa, dokter kulit akan memberikan terapi hormon anti androgen. Pil KB juga merupakan alternatif lain dari terapi anti androgen ini.

terapi hormon untuk mengatasi jerawat

Dan selain tadi, ada juga cara yang lebih sederhana dan alami untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengatur menu makanan yang tepat. Anda hanya perlu mengetahui konsumsi makanan apa saja yang perlu ditambah dan makanan apa saja yang harus dikurangi. Selain itu mengkonsumsi multivitamin juga dapat mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Untuk mengetahui makanan-makanan yang ampuh untuk mengatasi jerawat silahkan lihat Makanan Untuk Mengatasi Jerawat.

Semoga tulisan cara mengatasi jerawat dengan terapi hormon ini dapat bermanfaat bagi anda!


Yang bermanfaat juga:

Obat Jerawat Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Cara Alami Ini Efektif Menghilangkan Jerawat!

Ingin Mencegah Jerawat Muncul Kembali?

Lihat Betapa Mudahnya Mengatasi Kulit Berminyak

1 komentar:

  1. Bagus banggeeetttt semua artikel2nya..
    Semoga Allah membalas kebaikan anda.

    BalasHapus